[email protected] +62 823-2438-9815

Verifikasi Berkas Desa Berkinerja Baik Tahun 2024 Tingkat Kabupaten

  • Ade Nur Diyan M. H
  • BERITA, DANA DESA, KEGIATAN, KESEHATAN

Isu stunting saat ini telah menjadi isu besar nasional yang menjadi salah satu fokus program nasional yang tantunya harus diikuti pula dengan program ditingkat bawahnya, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten maupun di tingkat desa. Kegiatan desa yang dibiayai dari dana desa juga harus mengalokasikan untuk program penurunan sinting fan pencegahannya. Baik melalui program pencegahan melalui kegiatan edukasi dan pemberian makanan bergizi bagi balita dan ibu hamil, serta program penanganan lewat intervensi secara pentahelik. Sebagai bentuk apresiasi kepada penerintah desa yang telah melaksanakan kegiatan penurunan stunting, Kementerian Desa, Transmigrasi dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendesa) menggelar lomba desa dengan kinerja baik dalam upaya penurunan stunting di desa. Penilaian dimulai dari tingkat kabupaten, dimana kabupaten Brebes memilih 5 desa untuk dinilai kelengkapan berkas pendukung kegiatan yang nantinya dipilih 1 desa terbaik untuk maju di penilaian desa berkinerja baik tingkat provinsi. Kegiatan verifikasi dilaksnakan pada Senin, 29 Juli 2024 di ruang Mangrove Dinpermades kabupaten Brebes yang diikuti desa Pepedan, Kaligiri, Pesantunan, Ciampel dan Wanacala.

Desa Pepedan diwakili oleh sekretaris desa dan kasi kesejahteraan dengan membawa berkas pendukung sesuai list yang telah disampaikan sebelumnya. Pada sambutannya, Novi mewakili Kepala Dinpermades kabupaten Brebes menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi desa yang telah melaksanakan program penurunan stunting di desanya, "5 desa yang kami undang hari ini adalah desa terbaik dari 292 desa di kabupaten Brebes dalam upaya penurunan stunting, tantunya semua desa sudah melaksanakan kegiatan sebagaimana ada di list penilaian, tetapi sering kali desa melupakan data administrasi sebagai bukti kegiatan yang telah dilaksnakan sehingga sulit untuk dibuktikan, sehingga dengan program ini desa selain diberi penghargaan juga sebagai pembelajaran dalam pemenuhan administrasi kegiatan" ujarnya. 

Berkas pendukung yang diverifikasi mulai dari bukti administrasi kegiatan rembug stunting dengan dilengkapi  hasil evaluasi dan monitoring yang dilaksnakan secara rutin. Selain itu, dilihat pula dukungan dana desa dalam upaya penurunan stunting serta dukungan dari pihak lain sebagai salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan desa. Tim verifikasi yang hadir berasal dati bberapa dinas yang terkait dengan stunting, mulai dari Dinpermades, Baperlitbangda, Dinkes ,DP3KB kabupaten Brebes. Melalui apresiasi ini diharapkan banyak desa yang termotivasi dalam melaksanakan upaya penurunan stunting di desa sehingga angka prevelensi stunting bisa semakin diperkecil untuk mewujudkan indonesia emas 2045.

Kontributor : Adediyan