[email protected] +62 823-2438-9815

Pertemuan Rutin PIK-R Edelweis

  • Ade Nur Diyan M. H
  • BERITA, KEGIATAN, KESEHATAN

Mengisi kegiatan libur sekolah remaja desa Pepedan yang tergabung dalam Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Edelweis desa Pepedan menyelenggarakan kegiatan pertemuan rutin bulanan. Bertempat di Perpustakaan desa Pustaka Kita desa Pepedan pertemuan bulan September kali ini dihadiri oleh sebanyak 27 remaja baik yang masih duduk di bangku SD. SMP, SMA  maupun yang telah lulus sekolah. Kegiatan rutin PIK-R bulan ini dipilih dilaksanakan pada Minggu, 29 September 2024 agar remaja yang msih sekolah bisa tetap hadir dan mengikuti kegiatan tanpa harus bentrok dengan jadwal sekolahnya. Tepat pukul 09.00 wib kegiatan dibuka dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Jinggle Fandan sebagai salah satu upaya menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa cinta pada negara Indonesia. 

Selanjutnya sekretaris desa Pepedan menyampaikan ucapan terima kasih dan semngat kepada remaja dalam mengikuti kegiatan PIK-R, "mewakili kepala desa yang berhalangan hadir hari ini, saya menyampaikan terima kasih pada teman-teman semua yang telah hadir meluangkan waktu liburnya untuk berbagi informasi dan pengetahuan di PIK -R. Selanjutnya kita patut bersyukur desa kita punya wadah bagi remaja yang sangat baik ini, mari kita semngat untuk terus berkegiatan agar adanya PIK-R Edelweis ini bisa memberikan kemanfaatan baik untuk diri kita maupun remaja lainnya di desa Pepedan" ungkap Ade dalam sambutan. Maulida Fitria selaku ketua PIK-R Edelweis dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa dan remaja yang telah bersama mendukung kegiatan PIK-R Edelweis  hingga samapi pada titik ini "tentu saja untaian terima kasih kami haturkan kepada pemerintah deaa Pepedan atas dukungannya kepada kami sehingga PIK-R Edelweis bisa terus berkegiatan secara rutin hingga saat ini. Terima ksih juga semua teman-teman remaja yang sudah aktif dalam kegiatan  PIK-R, semoga ke depan semakin semangat lagi" ujarnya.

Hadir secara pribadi Satkoryan Kecamatan Tonjong Iman Solikhin sebagai narasumber kegiatan yang memaparkan tentang PIK-R. Dibentuknya PIK-R pada dasarnya memiliki 3 poin utama yang harus dilaksnakan, yaitu pencegahan penyalahgunaan narkotika, pencegahan pernikahan usia anak dan pencegahan seks bebas. Namun, dengan seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi di era digital seperti saat menjadikan permasalahan remaja semakin kompleks sehingga peran PIK-R diharapkan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. "Pada awal dicetuskannya  PIK-R ada 3 tujuan utama yang ingin dicapai, yaitu pencegahan penyalahgunaan narkotika, pencegahan pernikahan usia anak dan pencegahan seks bebas, tetapi dengan kecanggihan teknologi permasalahan remaja semakin bervariasi dan tentunya perlu penanganan yang relevan sehingga PIK-R perlu berperan lebih untuk dapat menjadi salah satu solusi pemecahan masalah remaja tersebut" tandasnya.

Pada sesi diskusi peserta sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan kepada narasumber, lebih dari 8 pertanyaan pada narasumber  diajukan oleh para peserta. Mulai dari bagaimana tips mengajak remaja yang enggan berkegiatan di desa, admnistrasi apa saja yang harus dibuat PIK-R, apa yang bisa dilakukan PIK-R jika ada teman yang terjerat kasus narkotika dan beberapa pertanyaan lainnya yang dijawab secara tuntas oleh narasumber. Diskusi 2 arah yang seperti ini menjadi nilai tambah bagi PIK-R karena nantinya mereka lah yanag akan menjadi konselor bagi remaja lainnya, sehingga PIK-R diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Narasumber juga menyampaikan pentingnya administrasi dan publikasi kegiatan yang telah dilaksnakan oleh  PIK-R. Administrasi PIK-R yang harus ada mulai dari undnagn kegiatan, daftar hadir, notulensi dan dokumentasi kegiatan serta didukung dengan data lain yang menunjang kegiatan PIK-R. Administrasi yang baik dan lengkap menjadi salah satu indikator keberhasilan kegiatan yang dilaksnakan oleh PIK-R dimana kegiatannya benar-benar dilaksnakan dan dibuktikan dengan administrasinya yang lengkap. Sedangkan publikasi menjadi hal yang penting juga karena melalui publikasi yang berkala dan disajikan secara menarik akan menjadi informasi yang dapat diakses oleh masyarakat maupun instansi terkait sebagai bentuk promosi atau kampanye kegiatan yang dilaksnakan oleh PIK-R Edelweis