[email protected] +62 823-2438-9815

Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender

  • Ade Nur Diyan M. H
  • LINGKUNGAN, KEGIATAN

Pemerintah desa Pepedan bersama DP3KB Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan pencegahan kekerasan berbasis gender dengan tema kegiatam pelibatan komunitas dalan pencegahan dan respon kekerasan berbasis gender. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya.meningkatkan  peran komunitas dan masyarakat dalam pencegahan dan respon yang harus dilakukan jika terjadi kekerasan berbasis gender. Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta  dari unsur perangkat desa, PKK, Kader Kesehatan, Pokja Kampung KB, karang taruna, forum anak, tokoh masyarakat, agama, pendidik serta perwakilan masyarakat laiinya. Kebid PPA DP3KB Kabupaten Brebes menjadi narasumber dalam kegiatan ini bersama fasilitator daerah kabupaten Brebes.

Syaeful Huda selaku kepala desa dalam sambutannya menyampaikan harapannya  agar di Pepedan masyarakatnya bisa tahu dan memahami terkait dengan kekerasan gender sehingga mampu mencegah dan merespon jika terjadi kekerasan in, "semoga dengan adanya sosialisasi in.masyarakat tahu dan paham ap.iti kekerasan berbasis gender, dampaknya serta apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan merespon jika terjadi kekerasan di desa" ujarnya. Selanjutnya, narasumber dalam paparannya menyampaikan terkait dengan pengertian dasar tentang gender dan bentu-bentuk kekerasan berbasis gender, serta langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat dan komunitas jika terjadi kekerasan berbasis gender di sesa. 

Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan awal yang dilaksnakan di desa Pepwdan dalam upaya meningkatkan peran serta komunitas dalam pencegahan dan respon terhadap kekerasan berbasis gender yang nantinya akan dilaksnakan secara berjenjang sampai bulan November 2024. Program kerjasama yang melibatkan  kementerian PPPA, DP3KB Kabupaten Brebes, UNFPA dan Pemerintah Desa Pepedan  dilaksnakan  di 2 desa yang ada di kabupaten Brebes, yaitu desa Pepedan dan Randusanga Kulon sebagai pilot project tahun 2024. Melalui program ini nantinya diharapkan praktik baik yang telah dilaksanakan di 2 desa tersebut dapat direplikasi pada desa lain di kabupaten Brebes sehingga semakin banyak komunitas yang berperan dalam upaya   pencegahan dan respon terhadap kekerasan berbasis gender.