[email protected] +62 823-2438-9815

Penerimaan Bantuan 2000 Buku Perpustakaan Desa Pepedan

  • Ade Nur Diyan M. H
  • BERITA, SENI DAN KEBUDAYAAN

Pustaka Kita adalah merupakan perpustakaan yang dimiliki oleh desa Pepedan yang telah didirikan sejak tahun 2019 melalui suray keputusan kepala desa Pepedan dan telah mengikuti program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) pada tahun 2020. Kegiatan perpusdes Pustaka Kita sejak awal berdiri hingga saat ini terus mengalami perkembangan, mulai dari yang semula hanya ditempatkan di pojok kantor balai desa hingga saat ini telah dsiapkan rumah khusus untuk perpustakaan yang disewakan oleh pemerintah desa Pepedan. Sebagai salah satu perpusdes pertama di wilayah kecamatn Tonjong yang mengikuti  program TPBIS Pustaka Kita telah menerima bantuan buku dan sarana prasarana perpustakaan dari Perpustakaan Nasional  pada tahun 2020. Bantuan yang telah diterima tersebut tentunya harus digunakan untuk mengembangkan pelayanan perpustakaan dimana progresnya dimonitoring aecara berkala oleh perpustakaan nasional sebagai evaluasi program.

Pada tahun 2024 ini, program TPBIS di kabupaten Brebes direplikasi di beberapa perpustakaan desa dan Taman baca Masyarakat (TBM) sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat secara menyeluruh dan komprehensif. Perpusdes dan TBM  baru selain diberikan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan, juga diberikan bantuan buku bacaan untuk menambah koleksi buku bacaan. Perpusdes Pepedan sebagai perpusdes yang pertama di kecamatan Tonjong juga memperoleh bantuan 1000 buku bermutu bersama rumah baca Purbayasa dan perpusdes Tanggeran. Bantuan 1000 bahan bacaan bermutu ini diterima langsung oleh kepala desa Pepedan pada Rabu, 28 Agustus 2024 pukul 18.00 wib dan langsung diserahterimakan kepada pengurus perpusdes Pustaka Kita.

Syaeful Huda pada penyerahannya menyampaikan harapannya agar buku yang diperoleh dapat bermanfaat bagi pengunjung perpustakaan dan bisa meningkatkan minat baca masyarakat, "1000 buku ini semoga bisa benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh pengunjung perpusdes dan dapat menarik masyarakat untuk membaca di perpusdes kita" ujarnya. 1000 buku bacaan ini terdiri dari berbagai jenis bacaan, mulai dari cerpen, dongeng. buku anak dan jenis buku lainnya yang berkualitas dan menarik bagi pembaca. Selanjutnya, buku yang diterima akan terlebih dahulu didata agar administrasinya tersusun dengan baik untuk memudahkan inventarisasi perpusdes.