[email protected] +62 823-2438-9815

Kemeriahan Jalan Sehat dan Pelayanan Adminduk desa Pepedan

  • Ade Nur Diyan M. H
  • KEGIATAN, KESEHATAN

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 di desa Pepedan  hari ini, Minggu 25 Agustus 2024 ditutup dengan kegiatan jalan sehat setelah sebelumnya pada Sabtu, 24 Agustus 2024 digelar pengajian unum. Kegiatan jalan sehat dipusatkan di halaman SDN Pepedan Pepedan dan dimulai pada pukul 07.00 wib d iniengan diawali senam bersama. Tercatat lebih dari 600 kupon jalan sehat habis dibagikan ke peserta yang hadir, tidak hanya orangtua dan anak-anak saja, tetapi juga diramaikan oleh para lansia yang antusias mengikuti kegiatan jalan sehat. Sebelum dilepas secara resmi oleh kepala Desa Pepedan terlebih dahulu menyampaikan  ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan kebersamaannya dalam peringatan HUT RI tahun ini, "ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dan semua masyarakat desa Pepedan yang telah bersama-sama meramaikan kegiatan agustusan tahun ini, mari kita ikuti jalan sehat ini dan silahkan gunakan pelayanan yang nantinya akan juga diberikan dalam kegiatan jalan sehat ini" ujar Syaeful Huda.

Rute jaln sehat kali ini dimulai dari SDN Pepedan menuju ke selatan untuk menuju desa linggapura dan berbelok ke utara menuju perempatan Purwodadi dan kembali lagi ke SDN Pepedan  dengan total jarak yang ditempuh peserta sekitar 5 km dan ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia sebagai apresiasi kepada masyarakat yang telah mengikuti kegiatan jalan sehat, mulai dari alat pel, pakaian, sepatu, peralatan dapur, termos, kasur, tiker, setrika, rice cooker, blender, kompor, sepeda serta hadiah menarik laiinya. Tidak hanya jalan sehat dan senam saja, tetapi pada kegiatan ini juga dibuka pelayanan kesehatan bagi peserta yang dapat diakses secara gratis, mulai dari cek kesehatan, posyandu lansia, posyandu remaja serta konsultasi keshatan. Cek gula darah, asam urat, kolesterol, hemoglobin, berat dan tinggi badan serta pengecekan keshatan lainnya dapat diakses oleh peserta. 

Selain itu, kegiatan kali ini juga berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Brebes dengan melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara langsung dalam kegiatan yang dilaksnakan oleh pemerintah desa Pepedan. Jenis layanan yang dibuka antara lain pencetakan kartu identitas anak, akta kelahiran dan Akta kematian baik bagi warga desa Pepedan maupun warga desa sekitarnya yang hadir. Dibantu oleh kader kesehatan desa Pepedan pengisian administrasi dan kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan adminduk dapat dipenuhi dengan tertib. Petugas Dindukcapil yang hadir menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah mendukung program tertib administrasi kependudukan kabupaten Brebes melalui kegiatan yang dilaksnakan, "saya sangat berterima kasih kepada pemerintah desa yang telah melibatkan kami dalam kegiatan ini. Kegiatan jalan sehat adalah kegiatan yang biasa tetapi dengan adanya pelayanan adminduk menjadikan kegiatan kali ini menjadi kegiatan yang sangat luar biasa karena mendukung program tertib administrasi kependudukan do kabupaten Brebes" sebut Gatot pada sesi penyerahan kartu identitas anak secara simbolis.

Diserahkan secara simbolis 5 kartu identitas anak kepada yang bersangkutan dengan didampingi oleh orangtuanya dan diberikan hadiah sebagai apresiasi kepada orang tua yang peduli akan administrasi kependudukan khususnya data anak. Hingga pelayanan adminduk ditutup pada jam 12.00 wib, tercatat sebanyak 104 kartu identitas anak dapat dicetak secara langsung dan akan diberikan secara bertahap kepada yang bersangkutan. Sedangkan pengajuan akta kelahiran tercatat ada 44 akta kelahiran dapat diproses dan sebanyak 7 akta kematian juga dapat diproses untuk selanjutnya diserahkan kepada yang bersangkutan. Melalui kegiatan yang mendukung program pemerintah khususnya administrasi kependudukan diharapkan dapat meningkatkan persentase kepemilikan data kependudukan bagi warga desa Pepedan menuju Pepedan 200% valid data kependudukan.